9 Tahapan Digital Marketing Strategy yang Perlu Pebisnis Terapkan

Photo of author

By Eeng Murjaeni

Pemasaran digital atau digital marketing menjadi kunci kesuksesan bagi banyak pebisnis di era digital ini. Namun mungkin bagi Anda yang baru memulai bisnis masih mengalami kesulitan untuk menerapkannya. Untuk itu, ikuti langkah dan tahapan penerapan strategi digital marketing di artikel ini, yuk. 

9 Cara Menerapkan Strategi Digital Marketing Efektif

1. Harus Punya Tujuan yang Jelas dan Spesifik

Langkah awal yang penting dalam menerapkan strategi digital marketing, Anda harus punya tujuan yang jelas dan spesifik. 

Oleh karena itu, tentukan dulu apa yang ingin Anda capai dari menyelenggarakan digital campaign, seperti: 

  • Apakah untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek?
  • Ingin meningkatkan visibilitas di mesin pencari dan engagement konsumen dengan brand.
  • Bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

Memahami dengan baik tujuan yang ingin dicapai akan membantu Anda merancang strategi digital marketing yang tepat dan potensi keberhasilannya pun jadi lebih besar.

tahapan digital marketing strategy

2. Paham Siapa Target Konsumen yang Ingin Dijangkau

Setelah tahu tujuan yang ingin dicapai, maka langkah berikutnya Anda perlu tahu juga siapa target konsumen yang mau Anda jangkau. 

Untuk itu, lakukan riset yang mendalam mengenai hal-hal berikut: 

  • Konsumen seperti apa yang cocok jadi pelanggan bisnis Anda
  • Apa preferensi dan kebutuhan target konsumen?
  • Bagaimana perilaku konsumen potensial dalam menemukan dan berinteraksi dengan brand atau bisnis Anda?
  • Platform digital mana saja yang paling banyak digunakan target konsumen?

Dengan tahu serta paham dengan baik siapa yang jadi target konsumen, Anda jadi lebih mudah menyusun content planning.

3. Bangun Website sebagai Pintu Masuk 

Membangun website merupakan langkah penting berikutnya yang perlu Anda lakukan kalau mau menerapkan strategi digital marketing yang efektif. 

Website menjadi pintu masuk konsumen menemukan produk dan layanan bisnis Anda, sekaligus representasi bisnis dalam bentuk digital.

Maka saat membuat website yang profesional, pastikan situs web sudah mobile-friendly, responsif untuk semua perangkat, dan SEO friendly. 

Selain membuat konten informational yang berkualitas dan bermanfaat bagi konsumen, Anda juga perlu membuat konten berkaitan dengan spesifikasi dan keunggulan produk, harga, prosedur pembelian, dan layanan after sales.

Semakin lengkap informasi yang Anda berikan, semakin tinggi pula kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda. 

Jangan lupa, gunakan kata kunci yang relevan dengan konten, judul yang menarik, serta terapkan meta deskripsi untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya.

4. Konten Berkualitas Masih Jadi Raja

Konten tetap jadi fondasi utama dari berbagai kegiatan digital campaign. Tidak hanya konten berbentuk artikel untuk website, tetapi juga semua konten yang tayang di media sosial.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat konten yang informatif, relevan, dan menarik bagi audiens. Jenis dan bentuk konten juga jangan itu-itu saja. 

Mulailah membuat konten dalam beragam bentuk, mulai dari foto, image yang menarik, infografis, animasi, hingga video. Lalu sama halnya seperti website, media sosial juga memiliki algoritma yang bisa mendeteksi kata kunci yang relevan.

5. Perkuat Social Signal dan Interaksi di Media Sosial

Manfaatkan kekuatan social signal di media sosial untuk menjangkau lebih banyak audiens yang berpotensi menjadi pelanggan bisnis Anda. Dengan catatan, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi platform media sosial mana saja yang banyak audiens target gunakan. 

Lalu, gunakan berbagai media sosial tersebut untuk mengunggah berbagai konten menarik secara konsisten untuk memperkenalkan bisnis dan produk Anda. Padukan juga dengan konten tips yang bisa jadi solusi untuk membantu konsumen mengatasi permasalahan mereka. 

Terakhir, aktiflah membangun interaksi dengan audiens sehingga mereka merasa nyaman dan menganggap bisnis Anda bisa dipercaya sebagai problem solver untuk masalah mereka.

6. Bangun Hubungan Personal dengan Email Marketing

Email marketing menjadi cara terbaik untuk membangun hubungan yang lebih personal dengan konsumen. Melalui email marketing, Anda bisa mengirimkan berbagai informasi, promo menarik, bahkan materi iklan yang sesuai dengan preferensi mereka.

Anda bisa membuat kampanye email marketing menggunakan kata-kata yang persuasif dan sesuai dengan kebutuhan tiap pelanggan. 

Berikan nilai tambah atau benefit saat mereka mau membaca email Anda sampai selesai, misalnya voucher belanja atau bentuk promosi lainnya yang menguntungkan. 

Dengan cara ini, peluang terjadinya transaksi jadi lebih besar dan email  marketing Anda pun bisa mencapai tujuan.

tahapan digital marketing strategy

7. Pelajari SEO dan SEM

Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, memaksimalkan hasil pencarian organik, dan membuka peluang yang lebih besar terjadinya konversi dan penjualan.

8. Kembangkan Aplikasi Mobile 

Mengembangkan aplikasi sendiri dapat menjadi langkah strategis dalam pemasaran digital.

Seiring fokus bisnis digital pada penggunaan smartphone, aplikasi dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi dengan konsumen.

9. Analisis dan Optimasi untuk Pengembangan Berkelanjutan

Tidak cukup hanya meluncurkan kampanye, Anda juga perlu menganalisis performa dan mengoptimalkan strategi yang sudah Anda terapkan. 

Gunakan alat analisis web untuk melacak konversi, engagement, dan perilaku pengguna. Hal ini membuat Anda jadi punya wawasan lebih mengenai audiens sehingga bisa membuat rencana kampanye digital yang lebih baik di masa depan. 

Menerapkan tahapan digital marketing di atas membantu Anda mengimplementasi strategi digital marketing yang lebih baik dan efektif. Tentu harapannya semua target yang sudah Anda tetapkan dapat tercapai. Selanjutnya lengkapi pengetahuan Anda tentang Tips dan Cara Menerapkan Social Media Marketing untuk UKM, yuk.

 

Leave a Comment