9 Tips dan Cara Memulai Social Media Marketing untuk UKM

Photo of author

By Eeng Murjaeni

Social media marketing adalah proses pemasaran menggunakan platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, dan sebagainya. Berikut panduan memulai social media marketing bagi Anda pebisnis UKM yang baru pertama kali go digital.

9 Panduan Memulai Social Media Marketing yang Efektif dan Ampuh

1. Tujuan Bisnis Harus Jelas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan tujuan bisnis yang ingin Anda capai sejelas dan sedetail mungkin. 

Fokuslah pada misi bisnis Anda dan pertimbangkan cara menggunakan sosial media untuk meningkatkan brand awareness, menarik perhatian audiens, dan membedakan diri dari kompetitor. 

Selain itu, tentukan target pasar dengan mempertimbangkan demografi dan seberapa besar pangsa pasar potensial, baik secara lokal maupun global.

2. Kenali Persona Calon Konsumen yang Jadi Target Market

Saat mau menerapkan social media marketing, Anda juga perlu melakukan riset mengenai personal calon konsumen yang mau Anda jadikan target market.

Pahami kebutuhan mereka, perilaku dalam berbelanja, dan mengapa mereka memang cocok jadi pelanggan bisnis Anda.

Informasi ini dapat membantu Anda membuat kampanye yang lebih tepat sasaran dan meningkatkan interaksi dengan audiens.

memulai social media marketing

3. Tentukan Media Sosial yang Mau Digunakan

Pilih platform media sosial yang banyak digunakan target audiens dan jadikan sebagai media untuk menjalankan pemasaran.

Selain itu perhatikan pula audiens yang paling banyak menggunakan platform media sosial. Misalnya, LinkedIn atau Facebook dapat cocok untuk UKM dengan target pasar B2B. Sementara Twitter, Tiktok, dan Instagram lebih sesuai untuk UKM yang melayani konsumen langsung.

Lengkapi juga dengan berbagai tools yang mendukung Anda membuat konten dan menyelenggarakan kampanye di media sosial. Beberapa tools penting, seperti: 

  • Canva, Piktochart, atau Venngage untuk membuat desain konten yang menarik dan interaktif.
  • CoSchedule’s Social Organizer untuk mengatur jadwal postingan dan menghemat waktu dalam mengelola media sosial.

Cara lain, pelajari juga bagaimana brand lain membuat konten dan menjalankan kampanye di media sosial mereka. 

4. Buat Konten Berkualitas yang Menarik

Pertumbuhan media sosial tidak secara otomatis mempermudah persaingan bisnis. Keberhasilan dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran utama telah membuat banyak perusahaan besar memilihnya karena kemudahan dan efektivitasnya.

Untuk mencapai keunggulan, diperlukan strategi digital marketing yang tepat. Salah satu metodenya adalah mengatasi persaingan ketat di media sosial melalui pembuatan konten yang unik dan menarik.

Saat mempertimbangkan konten untuk dibagikan, pastikan memiliki nilai dan manfaat yang relevan untuk pembeli. 

Pilihan lain yang efektif adalah memanfaatkan review dari pelanggan. Mintalah mereka untuk  membuat ulasan mengenai bisnis dan produk di media sosial masing-masing dan sediakan hadiah. Bisa pula dengan mengadakan giveaway yang melibatkan audiens. 

Penerapan konten kolaborasi juga dapat berperan besar dalam strategi promosi dan pemasaran di media sosial. Mengajak influencer, baik mikro atau makro, untuk berkolaborasi dalam pembuatan konten bisa memberikan dampak positif. 

Bahkan, melibatkan audiens yang sudah menggunakan produkmu untuk menciptakan konten bersama juga dapat memperluas jangkauan kontenmu. 

Dengan cara ini, konten yang dihasilkan akan memiliki jangkauan yang lebih luas, sehingga lebih banyak orang dapat melihatnya, bahkan jika mereka belum menjadi pengikut akun media sosial bisnismu.

cara memulai social media marketing

5. Konsisten untuk Publish Konten Secara Terjadwal

Jadwalkan konten secara rutin dengan warna dan jenis konten yang konsisten. Konsistensi adalah kunci untuk meningkatkan kesadaran merek.

Selain itu, publikasi konten yang rutin juga bisa mempertahankan keterlibatan audiens. Untuk itu, buat kalender editorial yang teratur untuk membantu Anda tetap terorganisir.

6. Manfaatkan Otomatisasi untuk Menjangkau Audiens Secara Lebih Luas

Sudah banyak media sosial yang menyediakan fitur otomatis. Nah, manfaatkan fitur otomatis tersebut sehingga Anda bisa mempublikasikan satu konten ke beberapa media sosial sekaligus.

Misalnya, publish konten promosi di TikTok. Lalu konten yang sama secara otomatis akan tayang juga di Instagram story dan Facebook story

Atau Anda unggah saja konten di Instagram reels yang secara otomatis konten tersebut akan tayang juga di Instagram feed

Memanfaatkan otomatisasi seperti ini akan memudahkan Anda menyebarkan konten promosi ke beberapa media sosial dalam satu waktu. 

Cara lain, manfaatkan tools social media marketing, seperti Hootsuite atau Buffer yang membantu membuat content planning hingga publikasi konten langsung dari satu platform saja.

7. Analisis dan Penyesuaian

Lakukan analisis terhadap kinerja kampanye media sosial Anda. Pantau metrik seperti jumlah pengikut, keterlibatan, dan konversi. 

Gunakan data ini untuk menyesuaikan strategi Anda agar lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan audiens Anda.

8. Memanfaatkan Iklan Berbayar

Jangan ragu untuk memanfaatkan opsi iklan berbayar di platform media sosial tertentu. Iklan ini dapat membantu meningkatkan visibilitas dan menjangkau audiens yang lebih luas.

9. Bangun Komunitas

Bangun komunitas online dengan berinteraksi secara aktif dengan para followers. Tanggapi komentar, ajukan pertanyaan, dan selalu hadir untuk berbagi informasi atau penawaran menarik.

Dengan mengikuti panduan dan tips memulai social media campaign di artikel ini, semoga Anda sebagai pebisnis UKM bisa mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan sesuai harapan. 

 

Leave a Comment