Digital Marketing Strategy: Pengertian dan Alasan Perlu Menerapkannya

Photo of author

By Eeng Murjaeni

Di era digital yang serba maju saat ini, menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif dan tepat sasaran menjadi krusial bagi para pebisnis UKM. Apalagi perkembangan teknologi dan penetrasi internet telah mengubah paradigma pemasaran dari konvensional ke digital. 

Oleh karena itu, penting bagi setiap pebisnis UKM untuk memahami apa itu digital marketing strategy, mengapa hal ini penting, dan 7 tahapan kunci yang wajib pebisnis tahu untuk mulai menerapkan strategi digital marketing.

Apa Itu Digital Marketing Strategy?

Digital marketing strategy adalah rencana atau strategi pemasaran yang berfokus pada penggunaan platform digital sebagai medianya. 

Berbeda dengan metode konvensional seperti brosur, spanduk, atau iklan di media cetak, strategi pemasaran digital lebih memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan dan memasarkan produk, layanan bisnis, maupun jasa dari bisnis Anda. 

Tujuan menerapkan strategi digital marketing adalah untuk meningkatkan kehadiran dan visibilitas bisnis di dunia maya, membangun brand awareness, dan menjangkau lebih banyak konsumen.

pengertian strategi digital marketing

7 Alasan Pebisnis Perlu Menerapkan Strategi Digital Marketing

Pebisnis UKM perlu menerapkan strategi digital marketing karena fenomena digital telah membuka pintu bisnis ke level global. Persaingan yang semakin ketat menuntut kehadiran online agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen. 

Dengan lebih dari 170 juta pengguna internet di Indonesia, peluang untuk menarik konsumen menjadi lebih besar. Digital marketing strategy juga lebih ekonomis dan efisien dibandingkan metode konvensional.

Secara lengkap, berikut manfaat yang akan Anda dapatkan jika menerapkan strategi digital marketing untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis:

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Penerapan strategi digitall marketing memungkinkan Anda sebagai pebisnis UKM untuk memperluas jangkauan pasar.

Jika sebelumnya Anda bisa menjual produk secara offline hanya kepada konsumen yang ada di sekitar lokasi bisnis saja, sekarang dengan digital marketing Anda bisa melayani konsumen dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga luar negeri.

2. Efisiensi Biaya Iklan

Biaya beriklan untuk mempromosikan bisnis menggunakan strategi digital marketing umumnya lebih terjangkau daripada Anda menggunakan metode promosi tradisional.

Coba hitung, berapa biaya yang Anda butuhkan untuk pasang iklan di media cetak, di radio, iklan di televisi, atau beriklan dengan brosur atau billboard.

Kemudian, hitung juga biaya yang harus Anda keluarkan jika mempromosikan bisnis menggunakan media sosial dan website. Anda cukup membuat konten yang berkualitas untuk konsumen. Sesekali pasang iklan di media sosial juga biayanya jauh lebih murah.

Dengan cara ini, Anda sebagai pebisnis UMKM dan UKM yang memiliki anggaran iklan terbatas tetap bisa bersaing dan mendapatkan hasil yang optimal dengan biaya yang lebih efisien.

3. Membangun Citra Positif dan Brand Awareness

Digital marketing membantu Anda membangun dan meningkatkan brand awareness (kesadaran terhadap merek atau brand) sekaligus menjadi media yang bagus untuk menciptakan citra positif dan branding bisnis. 

Dengan konten yang menarik dan konsisten di berbagai platform online, konsumen yang menjadi target market bisa jadi lebih mengenal bisnis Anda, beserta layanan yang  tersedia, berbagai produk yang Anda jual, bahkan jasa. 

Digital marketing strategy yang diterapkan dengan benar juga dapat menjadi cara ampuh untuk menciptakan identitas yang positif di mata konsumen.

4. Lebih Mudah Membangun Brand Image dan Brand Identity

Brand image adalah persepsi atau gambaran yang konsumen miliki terhadap suatu merek. Persepsi yang dimaksudkan di sini tentang pandangan konsumen berkaitan dengan karakteristik merek, nilai-nilai yang diusung, pengalaman pengguna, dan citra bisnis secara keseluruhan. 

Keseluruhan persepsi ini dapat memengaruhi keputusan konsumen terkait dengan pembelian dan loyalitas terhadap merek.

Sementara brand identity adalah elemen-elemen yang sengaja Anda bangun untuk membentuk gambaran bisnis di mata konsumen. 

Contohnya: logo, warna, tipografi, slogan, nilai-nilai merek, dan elemen desain lainnya. Fungsi brand identity menjadi pondasi untuk membentuk persepsi dan kesan yang brand inginkan. 

Dengan kata lain, brand identity adalah “pakaian” yang Anda pilih untuk bisnis (termasuk produk dan layanan bisnis) kenakan di hadapan publik.

Sedangkan brand image adalah bagaimana konsumen menilai dan membentuk pandangan mereka sendiri terhadap merek berdasarkan apa yang mereka lihat dan alami. 

Baik brand image maupun brand identity secara bersama-sama membentuk keseluruhan identitas merek dan memengaruhi hubungan merek dengan konsumennya.

Nah, menggunakan media sosial dan website yang merupakan bagian dari penerapan strategi digital marketing, Anda jadi lebih mudah memperkenalkan dan membangun brand image sekaligus brand identity.

5. Membangun Hubungan dan Berinteraksi dengan Konsumen

Digital marketing memungkinkan Anda membangun hubungan dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen melalui media sosial, email, dan platform komunikasi online lainnya. 

Anda jadi lebih mudah juga menyampaikan informasi terbaru mengenai bisnis, menyebarkan promo terbaru, bahkan melakukan promosi dan pemasaran.

Di sisi lain, peluang untuk mendapatkan umpan balik dari konsumen juga terbuka lebar, termasuk menjawab pertanyaan dan keluhan konsumen, dan hubungan Anda dengan konsumen pun jadi lebih erat. 

Konsumen yang merasa mudah berkomunikasi dengan Anda juga jadi merasa lebih nyaman dan akhirnya meningkatkan loyalitas konsumen terhadap bisnis.

tahapan strategi digital marketing

6. Bisnis Lebih Adaptif dengan Penjualan Terus Meningkat

Kecepatan perubahan di dunia digital membutuhkan kesiapan untuk beradaptasi. Pebisnis UKM dengan strategi digital marketing dapat lebih cepat menyesuaikan diri terhadap perubahan tren pasar, kebutuhan konsumen, dan perubahan algoritma mesin pencari.

Bahkan Anda yang sudah menerapkan digitalisasi dalam hal promosi serta pemasaran, bisa terus memberi kemudahan kepada konsumen untuk mendapatkan informasi terkait produk, benefit yang lebih menjanjikan, dan akses ke halaman produk yang jauh lebih baik. 

Hal inilah yang kemudian membuat bisnis Anda menjadi lebih adaptif dengan angka penjualan yang terus mengalami peningkatan.

7. Analisis Data dan Pengukuran Kinerja

Hampir semua platform digital sudah menyediakan alat analisis yang memungkinkan Anda mengakses data dengan akurat, melacak hasil dan kinerja digital campaign yang Anda selenggarakan.

Ketersediaan data yang lengkap dan real-time ini sudah tentu memudahkan Anda untuk mengetahui semua hal terkait konsumen, mulai dari usia, perilaku, kebiasaan, kemampuan membeli, hingga data demografi lainnya.

Nantinya, semua data tersebut bisa Anda gunakan untuk merancang dan merencanakan strategi digital marketing yang lebih baik di masa yang akan datang.

 

Anda sudah tahu apa itu digital marketing strategy dan alasan pebisnis perlu menerapkannya dengan baik. Selanjutnya, cari tahu juga Tahapan Digital Marketing Strategy yang Perlu Pebisnis Terapkan.

Leave a Comment